Sunday, October 4, 2015
0 comments

Trobosan baru di sektor pariwisata Mentri Koordinator Bidang Maritim Rizal Ramli

10/04/2015 08:39:00 PM
Candi Borobudur Jawa Tengah (Foto: Lonelyplanet)
MENTERI Koordinator Bidang Maritim Rizal Ramli memiliki beberapa terobosan yang baru di sektor pariwisata. Kali ini, Rizal ingin menjadikan tempat wisata sejarah Candi Borobudur sebagai tujuan wisata rohani umat Budha.

"Kita ingin Borobudur jadi Makkahnya orang Budha," papar Rizal di Pasaraya Blok M, Jakarta, Sabtu, 3 Oktober 2015.

Rizal bilang, wacana ini akan dikoordinasikan dengan Menteri Agama dan Kementerian Agama. Saat ini, umat Buddha memiliki empat tempat suci, yaitu Lumbini, Buddha Gaya, Isipatana dan Kusinara. Dengan wacana ini, Candi Borobudur akan dibuat menjadi tujuan sebuah perjalanan rohani bagi umat beragama Budha.

"Kalau orang Kristen itu harus ke Yerusalem dulu sebelum meninggal. Orang Islam mesti pergi haji dulu sebelum meninggal, orang Budha harus pergi ke Borobudur dulu," jelas Rizal.

Mantan Menko Bidang Ekonomi ini mengatakan, jika wacana ini bisa terlaksana, Candi Borobudur tidak lagi dibuka setiap hari seperti sekarang. Maka akan dibatasi kunjungan bagi wisatawan selain agama Budha. "Paling seminggu hanya tiga hari buka," imbuh dia.

Sedangkan di sisi lain, guna untuk mempersiapkan wacana ini, Rizal akan berbicara kepada Kementerian PU-Pera untuk membenahi akses jalan menuju Candi Borobudur. "Kita bisa perbaiki dulu Candi Borobudur dan saya sudah minta Kementerian PU-Pera untuk perbaiki jalan akses menuju ke Borobudur," tambahnya.

(fik/mcn)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di gudang-go.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top